Info
  • NEW NORMAL, PELAYANAN KEPEGAWAIAN DISESUAIKAN PROTOKOL KESEHATAN
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BKPPD KABUPATEN CILACAP
  • 16 PESERTA SELEKSI PEGAWAI BERPRESTASI LANJUT KE TAHAP II
  • PELAKSANAAN UJIAN DINAS DAN UKPPI TAHUN INI DILAKSANAKAN ONLINE DI SMPN 2 CILACAP DENGAN PENGAWASAN KANREG I BKN YOGYAKARTA
  • PRA REKONSILIASI DATA PNS CILACAP 2020 ; AYO UPDATE DATA KEPEGAWAIANMU
  • PELAKSANAAN SKB DIJADWALKAN (TENTATIF) BULAN SEPTEMBER 2020 SAMPAI DENGAN OKTOBER 2020
  • LOKASI PELAKSANAAN SKB PEMKAB CILACAP ADALAH UPT PUSAT KOMPUTER UNY / LAB. INTERNET MAHASISWA UNY (LIMUNY)
  • PESERTA SKB HARUS MEMILIH LOKASI TES DARI TGL 1/8/2020 PUKUL 00.01 WIB S.D TGL 7/8/2020 PUKUL 23.59 WIB
  • PESERTA SKB DIANJURKAN MELAKUKAN ISOLASI MANDIRI MULAI 14 HARI SEBELUM PELAKSANAAN SELEKSI DAN SELALU MENERAPKAN PHBS

WEBINAR Seminar Online di Masa Pandemi Covid-19

05 Agustus 2020  |  08:00  |  HESTI ASTRIA DEWI, S.Psi., M.E.  |  Artikel

              Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) telah menerbitkan SE Menpan RB No 58 Tahun 2019 perihal Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal  Baru sebagai tindak lanjut dari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020  tentang Penetapan Kedaruratan   Kesehatan   Masyarakat  Corona  Virus  Disease  2019   (COVID-19), dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun  2020 tentang Penetapan Bencana  Nonalam Penyebaran  Corona Virus Disease 2019  (COVID-19) sebagai  Bencana Nasional, yang sampai dengan hari ini belum dicabut. Hal ini menunjukkan bahwa sampai dengan detik ini warga Negara Indonesia masih harus “dipaksa” hidup berdampingan dengan virus Covid 19, meskipun demikian keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik harus berjalan dengan lancar, tentunya dengan tetap  memprioritaskan  kesehatan  dan  keselamatan  Pegawai Aparatur Sipil Negara.

            Selayaknya menghadapi kehidupan yang baru, serangkaian langkah adaptasi dilakukan sebagai upaya bertahan baik perubahan sistem kerja maupun  kapasitas dan kompetensi ASN itu sendiri, untuk itu serangakain infrastruktur juga harus ikut dipersiapkan untuk menunjang kinerja ASN dalam tatanan baru ini. Salah satu fenomena paling nyata yang kita temui adalah, penggunaan internet terutama video conference sebagai media pelaksanaan tugas misalnya pelaksanaan rapat koordinasi, pelantikan, konsultasi kepegawain, wawancara, bahkan kegiatan diklat dan pelatihan, lalu muncul istilah baru yang popular  yaitu Webinar, kependekan dari seminar online, yang sejak tatanan baru ini menjadi sebuah rutinitas baru di kalangan ASN. Sebenarnya tidak hanya seminar saja yang dilakukan online menggunakan video conference, namun kegiatan lain seperti talkshow, rapat koordinasi kepegawaian, sosialisasi , dan coaching clinic juga dilakukan secara daring, namun istilah yang terlanjur melekat adalah webinar, singkat padat dan jelas. Kini nama-nama aplikasi yang semula asing ditelinga misalnya zoom, Skype, ConnetWiseControl, Google Hangouts, dan Cisco WebEx kini menjadi “makanan” sehari-hari yang pengoperasiannya saat ini semudah kita mengirimkan pesan via whatsapp seiring dengan meningkatnya frekuensi kegiatan webinar yang dilaksanakan secara online.

            Munculnya webinar ini tentunya membawa banyak manfaat bagi ASN, tidak hanya dengan adanya webinar yang memacu ASN untuk melek teknologi, ada setidaknya empat keuntungan yang dapat diperoleh. Pertama dari segi efisiensi anggaran, berapa banyak biaya yang harus dikeluargan untuk menyelenggarakan kegiatan yang dilaksanakan secara nasional? Dengan melaksanakan kegiatan secara online panitia setidaknya bias menghemat anggaran untuk biaya konsumsi dan akomodasi, biaya perjalanan dinas juga dapat ditekan. Kedua, dengan kita melakukan kegiatan tanpa bertatap muka secara langsung, artinya kita sudah menjalankan protokol kesehatan secara benar dengan menerapkan Physical distancing demi menjaga kesehatan serta mengendalikan penyebaran virus corona. Ketiga, dengan adanya webinar, semakin banyak ASN yang dapat mengakses ilmu dan pengetahuan terkini dari narasumber ahli dan kompeten di bidangnya. Jika dulu jumlah peserta seminar sangat dibatasi atau hanya bersifat undangan, dengan adanya webinar ini kesempatan untuk mengikuti seminar, pelatihan, dan sosialisasi dapat diakses oleh siapa saja. Bahkan sekalipun harus jumlah peserta tergabung dalam meeting online melalui aplikasi zoom, peserta terbatas, namun kegiatan masih disaksikan melalui kanal youtube selama live streaming. Keempat, yang paling menarik dari webinar adalah adanya sertifikat yang diperoleh peserta seminar, meskipun berupa E-sertifikat namun sertifikat yang diterbitkan panitia ini resmi dan diakui, bahkan untuk rekan-rekan fungsional sertifikat ini dapat dimanfaatkan untuk penilaian angka kredit, menarik bukan?!.
           
         Nah, bagi sobat ASN Kabupaten Cilacap yang sama sekali belum pernah mengikuti webinar, sayang sekali kalau kesempatan ini dilewatkan begitu saja, ada beberapa Kementerian dan Perguruan Tinggi yang sering mengadakan kegiatan seminar online diantaranya BKN di akun youtube @#ASNKiniBeda, Kementerian PANRB di akun @Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri di @Kemendagri RI, Lembaga Administrasi Negara di akun @Lembaga Administrasi Negara RI, selain itu informasi mengenai kegiatan serupa juga dapat dicari pada laman resmi kementerian atau perguruan tinggi, dan dengan bantuan Google tentunya.(had)

 
Share: