IMPLEMENTASI PORTAL ADMINISTRASI PEMERINTAHAN : Menyederhanakan Proses Bisnis Manajemen ASN
Terkait
Menghadapi Tantangan Global Megatrend 2050, Diperlukan Cara Menyiapkan Tenaga Terampil di Masa Depan
329 Peserta Lulus SKD dan Berhak Mengikuti SKB
Pemanggilan Asesmen Pelaksana Calon Ketua Tim Kerja
678 PPPK ikuti kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah
BKPSMD Turut Partisipasi Bersih Pantai Sodong Dalam Rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat
CILACAP - BKPSDM dengan beberapa Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Cilacap yang berjumlah 28 responden mengikuti Implementasi Portal Administrasi Pemerintahan di Bidang Layanan Aparatur Negara pada Instansi Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada hari Kamis (3-10-2024) melalui zoom meeting.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan digitalisasi manajemen ASN sebagaimana diamanatkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, dan menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.
Kementerian PANRB, BKN, dan LAN, bersama Perum Peruri (INA Digital) telah membangun Aplikasi SPBE Prioritas berupa Portal Administrasi Pemerintahan di Bidang Layanan Aparatur Negara yang akan menyediakan layanan-layanan dalam manajemen ASN dan terintegrasi dengan layanan dasar kepegawaian.
Portal dimaksud akan mengintegrasikan dan menginteroperabilitaskan aplikasi-aplikasi eksisting terkait manajemen ASN yang dikelola oleh Kementerian PANRB, BKN, dan LAN.
Kementerian PANRB, BKN, dan LAN, bersama Perum Peruri (INA Digital) telah membangun Aplikasi SPBE Prioritas berupa Portal Administrasi Pemerintahan di Bidang Layanan Aparatur Negara yang akan menyediakan layanan-layanan dalam manajemen ASN dan terintegrasi dengan layanan dasar kepegawaian.
Portal dimaksud akan mengintegrasikan dan menginteroperabilitaskan aplikasi-aplikasi eksisting terkait manajemen ASN yang dikelola oleh Kementerian PANRB, BKN, dan LAN.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, M.Si. mengatakan Portal ini merupakan wujud nyata integrasi dan interoperabilitas sistem informasi yang selama ini terpisah di kementrian PANRB, BKN dan LAN.
Secara bertahap aplikasi sejenis dari Kementerian, Lembaga dan Daerah akan diintegrasikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Selain itu penggunaan digital ID juga akan memudahkan ASN dalam mengakses layanan secara aman dan memungkinkan penggunaan identitas digital untuk berbagai layanan lainnya.
"Dengan portal ini kita juga menyederhanakan berbagai proses bisnis dalam manajemen ASN termasuk kenaikan pangkat dan mutasi demi pelayanan yang lebih cepat, tepat dan efisien", ujar Mantan Bupati Banyuwangi ini.
Peserta dalam acara ini melakukan praktik langsung implementasi portal dengan menginstall pada google play store. Aplikasi ini bisa digunakan dengan minimal OS Android 10 atau lebih tinggi dan sudah mengisi data pada tautan https://s.id/Daftar-Implementasi-PAP h-1 sebelum acara ini dilaksanakan.