Info
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

Kreatif Yuk

30 Maret 2017  |  11:38  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Artikel

Apakah kita hidup di dunia ini merasa membosankan? Sebenarnya rasa bosan atau tidaknya itu yang membuat adalah diri kita sendiri. Ya, diri kita sendiri. Kita bosan karena yang kita lakukan hanya itu-itu saja, biasa saja, tidak kreatif dan tidak ingin mencoba hal-hal baru yang berbeda.

Untuk menjadi orang yang kreatif memang terkadang dibilang aneh oleh kebanyakan orang. Malu dibilang aneh? Jangan takut untuk dibilang aneh. Aneh yang dimaksud disini adalah aneh yang mempunyai tujuan jelas. Tidak masalah prosesnya dengan cara aneh, tetapi hasil yang diharapkan tercapai dan sukses.

Tingkat kreativitas yang tingkatannya lebih tinggi lagi tidak hanya dibilang aneh, tetapi banyak yang menganggap orang gila. Takut dianggap gila? Bila tidak takut dianggap gila berarti tingkatan orang tersebut adalah orang genius.
Orang genius akan berusaha menggapai ide gilanya menjadi kenyataan. Banyak orang menganggap hal itu tidak akan mungkin terjadi.

Untuk mengasah kreativitas, kita harus meniru dari anak kecil, seperti:

  1. Berani Menerima Tantangan
    Apabila diberi tantangan baru, anak-anak senang dan berani untuk menerima tantangan tersebut tanpa memikirkan kalau tidak bisa bagaimana atau nanti malu kalau gagal.
  1. Suka Bertanya
    Jangan merasa tahu bila tidak tahu, bertanyalah. Anak kecil banyak bertanya untuk hal yang belum mereka ketahui, sehingga muncul pemahaman untuk menyelesaikan solusi.
  1. Tidak Memusingkan Komentar Orang
    Anak-anak tidak pernah memusingkan perkataan orang dan tidak takut dibilang aneh atau bodoh. Lakukan apa saja selagi tidak merugikan orang lain. Jadikan komentar negatif dari mereka sebagai motivasi.
  1. Berani Bermimpi Besar
    Salah satu sebab tercapainya tujuan berawal dari mimpi. Jangan takut untuk bermimpi besar, semua orang mempunyai kesempatan untuk mendapatkan mimpi tersebut pada dunia nyata.
  1. Mau Menerima Siapa Saja
    Dalam pertemanan, anak-anak mau berteman dengan siapa saja tanpa ada batas-batasnya dan tanpa ada curiga sedikitpun.
  1. Antusias
    Semangat dan antusias dalam melakukan sesuatu seperti anak-anak yang sedang bermain sebuah permainan.
Tetapi yang perlu diingat, Be Childlike... Not Childdish.

Memang untuk mengawali melakukan hal yang tidak biasa tersebut ada ketakutan dalam diri kita sendiri. Ketakutan inilah musuh terbesar kita. Hadapi ketakutan itu untuk membuat hidup lebih berseni.

Just do it. Lakukan sekarang juga, jangan menunggu nanti.



.
Share: