Info
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

PEMBEKALAN PNS MENJELANG PENSIUN ANGKATAN III

12 Oktober 2016  |  08:00  |  MULYOTO, S.Sos, M.Si.  |  Berita

Cilacap - Mengawali sambutannya Kepala BKD Cilacap Drs. Heroe Hardjanto, MM, pada Pembukaan Pembekalan PNS menjelang Pensiun, mengatakan bahwa akhir perjalanan karier seorang PNS adalah fase Pensiun, namun bukan berarti berhenti dalam kegiatan berkarya, akan tetapi hanya berhenti untuk melanjutkan aktivitas kedalam pengabdian yang lebih baik kearah tujuan hidup yang lebih bernilai. Untuk itu  perlu dilaksanakan kegiatan Pembekalan bagi PNS menjelang Pensiun sebagai pencerahan bagi PNS yang akan purna tugas. Program ini diharapkan membantu  menemukan strategi dalam melanjutkan perjalanan setelah pensiun.

Disampaikan bahwa sebagian PNS menganggap Purna Tugas atau Pensiun menjadi masa yang dinanti, namun sebagian lain merasa masa pensiun adalah momok yang menakutkan,  sehingga menimbulkan dampak psikologis. Karena itu muncul istilah post power syndrome, sindroma yang menimpa seseorang tatkala merasa bahwa tenaganya tidak diperlukan lagi.

Jadikan Purna Tugas itu sebagai karier kedua yang menjadi bagian dari hidup kita. Yang jelas, masa pensiun itu adalah masa yang bebas namun tetap hidup produktif membuat badan  tetap sehat, sehingga kehidupannya bukan menjadi beban keluarga melainkan terus menjadi berkah.  Di  karier kedua ini para pensiunan masih memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup berdasarkan pengalaman kerja selama dinas di pemerintahan, jangan sampai kehilangan kepercayaan dirinya, harus tetap gagah, tegap, sehat dan percaya diri. Berkarya dalam berbagai kegiatan, seperti interaksi keluarga, kegiatan sosial keagamaan, atau usaha sesuai kemampuan dan pengalamannya.
 
Disetiap angkatan dalam pembekalan berbagai materi disampaikan, antara lain:
 
Pertama; Jika setelah pensiun ingin memilih untuk berbisnis, maka guna mendukung pengembangan potensi diri ini, dihadirkan Narasumber untuk menyampaikan materi ‘Peluang Usaha’. Kami yakin banyak di antara kita punya potensi wirausaha, maka setelah pensiun potensi tersebut dapat dikembangkan, sambil menggambarkan bagaimana menghitung untung ruginya dalam dunia bisnis, jangan sampai kita melakukan usaha, namun tidak tahu prospek usaha itu.
 
Kedua;  untuk menghilangkan Post power syndrome yang kadang muncul akibat kekhawatiran dan ketakutan kehilangan jabatan, rutinitas, serta status sosial dalam masyarakat, dihadirkan Narasumber seorang Psikolog untuk memberikan motivasi serta mendorong pikiran dan perasaan bagaimana menapaki kehidupan dengan bahagia setelah pensiun. Sebab kebahagiaan itu adanya di hati dan banyak dipengaruhi oleh pikiran dan perasaan.
 
Ketiga; Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat diusia senja, dihadirkan Narasumber yang ahli di bidang kesehatan, yang menjelaskan bagaimana cara merawat tubuh sendiri setelah memasuki usia senja.
Ia mengutip pesan dari Motivator Winston Churchill: “Jangan pernah pensiun!, Alihkan profesi, Kerjakan apa saja biarpun berbeda, tetapi jangan pernah pensiun!!”
 
Diakhir sambutannya ia menyampaikan bahwa setelah PNS pensiun, administrasi kepegawaian beralih ke BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan PT. Taspen (Persero).
Untuk itu pada kesempatan ini dihadirkan pula Narasumber dari BKN dan PT. Taspen (Persero) yang nantinya akan menangani Taspen dll.

Kepala Bidang Mutasi Pegawai pada BKD Cilacap, Pranyata, SE, melaporkan Pembekalan Angkatan ke III diikuti 70 orang PNS menjelang pensiun yang dilaksanakan selama 3 hari (Selasa s/d Kamis; tanggal, 4 - 6  Oktober 2016).

Share: