Info
  • NEW NORMAL, PELAYANAN KEPEGAWAIAN DISESUAIKAN PROTOKOL KESEHATAN
  • PRA REKONSILIASI DATA PNS CILACAP 2020 ; AYO UPDATE DATA KEPEGAWAIANMU
  • UNTUK KEEMPAT KALINYA LAPORAN KEUANGAN CILACAP RAIH OPINI WTP
  • TELAH DIBUKA PORTAL PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2020, 8-23 JUNI
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

MENJARING POTENSI ATLET, PEMKAB CILACAP SELENGGARAKAN PORKAB 2016

05 Oktober 2016  |  08:00  |  Admin BKD  |  Berita

Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke 33 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap diramaikan dengan pelaksanaan Pekan Olah Raga Kabupaten (PORKAB), event ini merupakan awal pertama kali Cilacap menyelenggarakan. 
Momen tersebut diawali dengan upacara HAORNAS (9/9) di Stadion Wijayakusuma sekaligus juga menjadi ajang pembukaan PORKAB Cilacap. Hadir Wakil Bupati Ahmad Edi Susanto dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cilacap serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cilacap, Didik Rahmadi. Dalam laporannya, Didik Rahmadi menyatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai momentum untuk menjaring potensi-potensi atlet yang ada di Kabupaten Cilacap dan juga mempersiapkan event Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) 2018.
 
Senada dengan hal tersebut, Ahmad Edi Susanto menyatakan bahwa Peringatan HAORNAS ke 33 yang dirangkai dengan kegiatan PORKAB ke 1 ini, tentunya merupakan salah satu peristiwa penting bagi dunia olahraga di Kabupaten Cilacap, dalam  memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga. Terlebih melalui berbagai kegiatan olahraga, yang dikemas  dalam konsep Olah Raga Rekreasi dan Olahraga Pendidikan, berguna untuk memperbesar basis-basis calon olahragawan potensial dan berbakat untuk memperkuat pondasi bangunan keolahragaan yang berdaya saing,  tidak saja ditataran lokal dan regional tetapi juga ditataran nasional.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, yang sehat dan produktif, maka tema HAORNAS ke 33 tahun 2016 yang dipilih adalah “Ayo Olahraga Untuk Indonesia Sehat dan Produktif”. Melalui tema tersebut beliau mengajak seluruh lapisan masyarakat bersatu-padu dan bersinergi, untuk menggelorakan kembali “Gerakan Ayo Olahraga” agar olahraga menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat di kota dan di desa, di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Wakil Bupati juga berpesan kepada para official, pelatih dan atlet untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, berjuang sekuat tenaga  untuk meraih prestasi terbaik, dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Harapannya pada Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah Tahun 2018 mendatang, semua atlet dari Kabupaten Cilacap dapat menorehkan prestasi yang luar biasa dan membanggakan masyarakat Kabupaten Cilacap.
   
Tercatat, sebanyak 5.456 atlet yang berasal dari dua puluh empat kecamatan se-Kabupaten Cilacap turut serta berpartisipasi mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten tersebut. Defile  pasukan upacara termasuk para official, pelatih dan atlet berlangsung meriah sebagai  pembuka ajang PORKAB yang dilaksanakan mulai Jumat (9/9) hingga Minggu (11/9) dengan 19 cabang olahraga yakni aeromodeling, atletik, bola voli, bola basket, bulutangkis, catur, drum band, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, sepak bola, selam, sepeda sport, tae kwon do, tenis lapangan, dan tenis meja. Cabang tambahan yang lain yaitu lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi seluruh Kepala SD di Kabupaten Cilacap.
 
Berakhir Minggu, 11 September 2016, Kecamatan yang memperoleh peringkat terakhir karena hanya berhasil mengumpulkan 1 perak dan 2 perunggu adalah kecamatan Cipari. Peringkat ke-10 yakni Kecamatan Majenang 10 memperoleh 5 emas, 9 perak dan 9 perunggu. Peringkat ke-9 Kecamatan Cimanggu mendapat 6 emas, 5 perak dan 6 perunggu. Peringkat ke-8 Kecamatan Kesugihan memperoleh 6 emas, 14 perak dan 17 perunggu. Peringkat ke-7 Kecamatan Adipala memperoleh 9 emas, 8 perak dan 15 perunggu. Peringkat ke-6 Kecamatan Sampang memperoleh 12 emas, 3 perak dan 12 perunggu. Peringkat ke-5 Kecamatan Kroya memperoleh 12 emas, 15 perak dan 17 perunggu. Peringkat ke-4 Kecamatan Maos yang perolehan emasnya sama dengan Cilacap Selatan,  memperoleh 25 emas 5 perak dan 16 perunggu. Peringkat ke-3 Kecamatan Cilacap Utara yang mampu memperoleh 18 medali emas, 26 perak dan 31 perunggu. Peringkat ke-2 Kecamatan Cilacap Selatan  mengantongi 25 medali emas, 26 perak dan 19 perunggu. Lalu unggul di peringkat Pertama Kecamatan Cilacap Tengah dengan perolehan medali  43 emas, 33 perak dan 34 perunggu sekaligus sebgai Juara Terbaik ajang kompetisi Pekan Olahraga Kabupaten Cilacap ke-1 tahun 2016. (rina)
 
Share: