Info
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

"Balakar to Response Time" Raih Penghargaan di KemenPAN RB.

23 Oktober 2019  |  10:07  |  DAFIT SETIADI  |  Berita

CILACAP ( 21/10/2019 ) Balakar to Response Time merupakan inovasi Kabupaten Cilacap dalam hal penanganan kebakaran. Balakar merekrut tenaga sukarela di tingkat RT/RW. Rekruitmen ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan pengelola bangunan dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran serta penyelamatan. Selain itu juga agar terbangun sistim manajemen penanggulangan kebakaran dipemukiman padat penduduk yang berbasis partisipasi masyarakat.

Melalui Ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Inovasi Balakar berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji di Istana Wakil Presiden pada hai selasa (15/10 )

Menurut Kepala Satuan polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap bahwa KIPP ( Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik ) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Kementrian PANRB. Dalam kesempatan ini melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Cilacap, Satuan Polisi Pamong Praja mengajukan proposal inovasi Balakar to Respone Time.

Setelah melalui beberapa tahapan dari Biro Organisasi Provinsi Jateng akhirnya inovasi Balakar berhasil lolos ke TOP 99 sampai tahap Supervisi di Kementrian PANRB. Setelah melalui paparan dan updating akhirnya Inovasi Balakar bisa sampai ke TOP 45.

Pencetus ide Inovasi Balakar to Response Time tidak lain adalah Supriyadi, S.Sos., M.M. Kasubag TU UPT Lakhar BPBD Cilacap ini mencetuskan inovasi Balakar. Berawal dari berbagai permasalahan yang ada mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana kurangnya SDM serta kurangnya anggaran. Dengan memberdayakan masyarakat melalui Barisan Relawan Kebakaran ( Balakar ) diharapkan mampu mengatasi permasalahan terkait adanya kebakaran. Setidaknya masyarakat paham mengenai penanganan segera apabila terjadi kebakaran sebelum tim damkar datang sehingga kebakaran dapat teratasi terlebih dahulu.

Share: