Info
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

2 Masalah Umum e-Presensi Beserta Solusinya

30 Agustus 2019  |  00:55  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Artikel

Setelah diberlakukannya penggunaan aplikasi e-Presensi di Pemerintah Kabupaten Cilacap pada bulan Februari 2019, admin e-Presensi Perangkat Daerah / Unit Kerja menemui beberapa permasalahan. Untuk membantu meringankan pekerjaan admin e-Presensi, saya akan membahas permasalahan yang sering dihadapi dalam menggunakan aplikasi e-Presensi.

Berikut adalah beberapa masalah yang dihadapi saat menggunakan e-Presensi

Upload File Presensi Tidak Bisa di Generate
File presensi tidak bisa di generate. Hal ini disebabkan karena format excel yang di upload dengan templatenya tidak sama. Biasanya format excel yang diupload ditambahkan judul, garis, titik-titik, font ditebalkan, nip menggunakan spasi dan lain sebagainya. Mungkin saja admin e-Presensi menginginkan agar tampilannya lebih rapi.
Solusinya jangan lakukan hal itu lagi, biarkan file yang di upload sesuai dengan templatenya.
Contoh format yang salah

Contoh format yang benar


Pegawai Selama Beberapa Bulan Tampil Cuti di Rekap Presensi
Para admin yang bingung karena di rekap presensi ada pegawai yang cuti terus, padahal sebenarnya cutinya hanya 1 atau 2 hari. Ini terjadi karena ada kesalahan dalam penginputan upload berkas ijin.
Solusinya lebih teliti dalam penginputan tanggal awal dan tanggal akhir.
Perhatikan gambar berikut

Niat hati akan menginputkan 4 Agustus sampai 5 Agustus, tetapi salah dalam penginputan tanggal awal. Maka yang terjadi adalah di rekap presensi nama tersebut akan tampil cuti dari tanggal 4 juli sampai tanggal 5 agustus.
Share: