Info
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

Makna Idul Adha

11 Agustus 2019  |  04:35  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Artikel

Idul adha adalah sebuah hari raya Islam yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Pada hari ini umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Tidak hanya Hari Raya Qurban, tetapi Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji. Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dijalankan oleh seluruh umat Islam dunia di Makkah.

Hari Raya Idul Adha memiliki makna bagi umat muslim, yaitu :

Mengajarkan untuk ikhlas
Ibadah Qurban yang dituntut adalah keikhlasan dan ketakwaan, itulah yang dapat menggapai ridha Allah. Daging dan darah itu bukanlah yang dituntut, namun dari keikhlasan dalam berqurban. Ibadah haji juga demikian, kita diperintahkan untuk ikhlas, bukan cari gelar dan cari sanjungan.

Mengajarkan untuk sedekah harta
Ibadah ini harta banyak diqurbankan. Padahal manusia sibuk mencari harta dan pada saat ini banyak harta yang rela untuk disedekahkan.

Selamat Hari Raya Idul Adha. Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamanaa wa shiyamakum, kullu ‘aamin wa antum bi kheir, minal ‘aidin wal faizin.


 
Share: