Info
  • Selamat Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

Sekretaris BKPPD Kab. Cilacap Tutup Diklat Pengelolaan Keuangan Desa SISKEUDES Angkatan I Tahun 2017

30 September 2017  |  16:00  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Berita

Cilacap - Pada hari Jumat, 29 September 2017 bertempat di Aula Diklat Jl. Jend. Sudirman Cilacap, Sekreraris BKPPD Kapbupaten Cilacap, Pranyata, S.E mewakili Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap menutup Diklat Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis SISKEUDES Kabupaten Cilacap Tahun 2017. Dalam sambutannya beliau mengharapkan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan teknis untuk menunjang pelaksanaan tugas di instansi masing-masing. Hal tersebut sejalan dengan tujuan diklat ini yaitu untuk meningkatkan kapasistas dan kompetensi Sumber Daya Aparatur yang terkait dengan pengelolaan keuangan desa agar Pemerintah Desa dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel mulai dari perencaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan dengan memanfaatkan dukungan teknologi informasi melalui penerapan aplikasi SISKEUDES.
 
Sekretaris BKPPD Kabupaten Cilacap juga menekankan kepada peserta diklat agar :
  • Terus belajar untuk meningkatkan kemampuan teknis dalam penguasaan aplikasi siskeudes,  karena saudara akan menjadi Tim Teknis Kabupaten dalam implementasi siskeudes di Kabupaten Cilacap;
  • Manfaatkan seluruh ilmu yang didapat selama mengikuti diklat untuk menunjang pelaksanaan tugas saudara di instansi masing-masing;
  • Jalin  terus koordinasi, komunikasi dan konsultasi antar sesama peserta, dengan narasumber dan juga pihak-pihak terkait lainnya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dalam aplikasi siskeudes.
 
Diklat Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes Angkatan I Tahun 2017 ini telah berlangsung selama 5  hari kerja, dimulai tanggal 25 sampai dengan 29 September 2017, dengan peserta sebanyak 30 orang terdiri dari pejabat struktural/pelaksana dari Dinas, Badan, Inspektorat, Bagian Hukum  Setda dan Kecamatan yang terkait dengan fasilitasi pengelolaan  keuangan desa.
 
Adapun materi Diklat sebanyak 63 jam pelajaran, untuk pembelajaran klasikal maupun  non klasikal, dengan pembagian materi sebagai berikut : materi umum  sebanyak 6 JP terdiri dari 2 mata diklat yaitu jam pimpinan dan kebijakan pengelolaan keuangan desa, Materi Pokok sebanyak 36 JP terdiri dari 6 mata diklat yaitu kebijakan pengawalan pengelolaan keuangan desa, pengenalan siskeudes, penganggaran, penatausahaan, perubahan APBDes dan perencanaan serta pelaporan. Materi Penunjang sebanyak 21 JP terdiri dari 6 mata diklat yaitu pengarahan program, membangun kerjasama tim, pencegahan tindak pidana korupsi, mekanisme penganggaran dan pertanggungjawaban bantuan keuangan desa, pengawasan pengelolaan keuangan desa dan evaluasi program diklat.


.

 
Share: