Info
  • Selamat Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN SPM DIKDAS

19 September 2017  |  08:00  |  rina  |  Berita

Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM DIKDAS) adalah salah satu tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar. Dimana penyelenggaraan pendidikan dasar sesuai SPM merupakan kewenangan dan tanggungjawab Kabupaten/Kota. SPM DIKDAS bertujuan meningkatkan kapasitas pengelolaan administrasi pendidikan di sekolah guna mencapai mutu pendidikan yang memiliki standar tertentu.

Salah satu aspek pendukung dalam pencapaian SPM Dikdas adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan perumusan Road Map SPM DIKDAS tingkat Kabupaten Cilacap. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak akhir tahun 2016 sampai dengan bulan September 2017 setelah melalui beberapa tahapan.  

Tahap akhir dari perumusan roadmap PMS Dikdas tersebut adalah kegiatan Workshop Finalisasi Road Map Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM DIKDAS) Tahun 2017 tahap 3 (tiga) pada tanggal 18 sampai 19 September 2017. Dalam acara tersebut hadir Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten  Cilacap Purwati, S.Pd., yang menangani urusan Kesejahteraan Rakyat, Ketenagakerjaan, Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Agama, Kesehatan dan KB, Peranan Wanita dan Transmigrasi, Ilmu dan Teknologi.

Dalam pesannya, beliau menyampaikan bahwa urusan pendidikan wajib mendapat prioritas pada alokasi anggaran APBD Kabupaten Cilacap. Dengan pendidikan dasar yang bermutu sesuai SPM DIKDAS, diharapkan generasi yang akan datang akan lebih berkualitas karena sarana prasarana pendidikan, sistem, serta tenaga pendidik sudah memadai.

Peserta lainnya berasal dari instansi stakeholder seperti BPPKAD, Bappelitbangda, BKPPD, Kemenag, dan Sekretariat Daerah. Koordinasi lintas sektor seperti ini penting agar Road Map yang disusun terintegrasi dengan program-program Pemerintahah Daerah khususnya di RPJMD mendatang. 
Share: