Info
  • Selamat Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

BKPPD KABUPATEN CILACAP SELENGGARAKAN SELEKSI PEGAWAI BERPRESTASI

02 Agustus 2017  |  08:00  |  MULYOTO, S.Sos, M.Si.  |  Berita

Cilacap; Seleksi Pegawai Berprestasi adalah salah satu upaya untuk mendorong peningkatan kinerja aparatur, selain itu juga untuk memberikan penghargaan kepada pegawai yang benar-benar memiliki keunggulan kompetitif di bidang tugasnya.

Hal ini disampaikan Sekretaris BKPPD Kabupaten Cilacap Pranyata, SE, mewakili Kepala BKPPD pada Pembukaan Tes Seleksi Tertulis Tahap Pertama Pegawai Negeri Sipil Berprestasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Selasa, 1 Agustus 2017, bertempat di Aula BKPPD.  Selanjutnya ia mengatakan bahwa, sekarang pengembangan ASN dilaksanakan dengan sistem merit, artinya pengembangan didasarkan pada pertama kemampuan kompetensi diri yang dimiliki, kedua kualifikasi pendidikan dan diklat  selama menjadi PNS, serta ketiga pencapaian kinerja yang dihasilkan dalam melaksanakan tugas, termasuk  didalamnya adalah pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu setiap ASN dituntut adanya perubahan sikap mental disegala sektor yang dilakukan secara mengglobal dengan pengembangan kompetensi diri.

Untuk menjadi PNS Berprestasi, setiap peserta melewati 4 tahap seleksi, yaitu kelengkapan persyaratan administrasi, Ujian Tes Tertulis Tahap Pertama dengan materi: pengetahuan bidang Pemerintahan, Kepegawaian, Organisasi Pemerintahan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Wawasan Kebangsaan, Pengawasan, Perencanaan Pembanngunan, Pengetahuan Umum serta Organisasi KORPRI. Kemudian Tes Tertulis Tahap kedua berupa Praktek Tertulis berisi problem solving tentang tugas pokok dan fungsi, selanjutnya Wawancara dan terakhir cek lapangan baik di lokasi kerja di SKPD serta aktivitas sosial di lingkungan tempat tinggalnya.
Tes  Ujian Tertulis Tahap Pertama diikuti 38 orang peserta utusan dari OPD se Kabupaten Cilacap, kemudian bagi peserta yang lulus Tahap pertama (9 orang) untuk selanjutnya mengikuti seleksi tahap-tahap berikutnya.  Kejuaraan yang diambil Juara I, II dan III, serta Juara Harapan I, II dan III, sedangkan penghargaan berupa Uang Tabungan dan Piagam Penghargaan.

Share: