Info
  • BKPPD Kab. Cilacap mendapat Kunjungan Bencmarking Diklatpim Tk. III Pusdiklat Kemendagri Yogyakarta
  • 10 dari 21 Peserta UKPPI Tk. III Pemkab Cilacap tidak lulus Ujian
  • Rabu, 24 Mei 2017 sebanyak 259 Bidan Program PTT Kementerian Kesehatan RI di Lingkungan Pemkab Cilacap menerima SK. CPNS
  • 111 Kepala Sekolah Dasar di jajaran Pemkab Cilacap dialihtugaskan
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa
  • Usulan dan berkas persyaratan KP 1 Oktober 2017 dari OPD sudah dapat kami terima di BKPPD sd tgl. 7 Juni 2017 untuk PNS Struktural & JFU, dan tgl. 10 Juli 2017 untuk PNS JFT.

Puasa Jadi Malas Kerja

07 Juni 2017  |  09:00  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Artikel

Malas dan kurang semangat bekerja di saat puasa? Sayang sekali bila itu sampai terjadi. Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Terlihat setelah sholat dzuhur banyak pemandangan jamaah-jamaah yang menggeletekan badannya di serambi masjid dan mushola seakan-akan tanpa tenaga, tidur-tiduran, dan ada juga yang tidur nyenyak. Mereka berdalih bahwa tidurnya orang puasa itu ibadah. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam tidak pernah mencontohkan untuk menghabiskan waktu siang hari untuk tidur. Memang benar Rasulullah kerap melakukan tidur siang, tetapi hanya sejenak. Sementara tidur siang di jam kerja hingga beberapa jam di mushola atau masjid kantor dengan alasan ibadah tentu bukan tindakan bijaksana. Hal ini menandakan pelakunya kurang memahami tujuan syariah dari ibadah bulan Ramadhan.

Ingat, Indonesia merdeka ketika bulan Ramadhan. Fatahillah merebut kembali Sunda Kelapa ketika bulan Ramadhan. Rasulullah memenangkan perang Badar ketika bulan Ramadhan. Bahkan Rasulullah juga menaklukan Mekkah  ketika bulan Ramadhan. Apa pantas kita mengisi bulan Ramadhan dengan bermalas-malasan?

Ayo kita mulai saat ini juga untuk bersemangat. Tips-tipsnya sebagai berikut:
  1. Yakinkan diri kita dengan niat yang kuat. Biasanya yang membuat kita lemas dan lapar adalah pikiran kita yang tidak yakin dengan puasa akan lapar. Dengan niat dan keyakinan yang kuat, maka pekerjaan tidak akan terasa berat meskipun sedang berpuasa.
  2. Perbanyak dzikir untuk menguatkan mental dan kondisi hati kita untuk tetap tegar dan tabah menjalankan ibadah sekaligus bekerja.
  3. Banyak minum ketika sahur dan berbuka. Kekurangan cairan menyebabkan lemas, ngantuk dan tidak bergairah.
  4. Hindari hal-hal yang tidak perlu seperti begadang, menonton TV sampai larut malam. Ingat, kita mempunyai hal yang lebih penting yang harus dilakukan sebelum sholat subuh, yaitu makan sahur.
  5. Tetap olahraga, kita harus tetap berolahraga. Olahraga itu baik agar tubuh tidak mudah lemas dan sakit. Lakukan olahraga ringan sejenak seperti jalan santai atau jalan cepat keliling komplek di pagi hari.
 

.
Share: