Info
  • NEW NORMAL, PELAYANAN KEPEGAWAIAN DISESUAIKAN PROTOKOL KESEHATAN
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BKPPD KABUPATEN CILACAP
  • Mohon maaf, untuk sementara BKPPD Kab. Cilacap hanya menerima layanan / konsultasi kepegawaian secara online
  • Persiapan Pemutakhiran Data Mandiri SI ASN , Ayo download Mobile Apps MySAPK-BKN dan lakukan Aktivasi

Dengan Grafis Informasi Menjadi Lebih Menarik

19 Oktober 2020  |  17:00  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Berita

CILACAP, BKPPD.CILACAPKAB.GO.ID - Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPPD Kabupaten Cilacap, Fathan Ady Chandra, S.STP., M.Si. dan 2 Analis Sistem Informasi yaitu Noviyanto Hadi SUgito, S.Kom dan Ari Kurniawan Purwanto, S.Kom. mengikuti bimbingan teknis Teknik Menyajikan Data/Informasi dalam Bentuk Infografis, Fotografi dan Videografi di ruang masing-masing yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara. (Senin/19/10/2020).
 

Acara ini dibuka oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara, Supranawa Yusuf, S.H., M.P.A. dengan narasumber Redaktur Majalah Tempo, Yosep Suprayogi, 2 Pakar Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC", Sony Wibisono, S.S., M.Sn. dan Imam Subechi, S.PT., M.Sn. dan moderator Direktur Arsip Kepegawaian ASN BKN, Dr. Yudhantoro Bayu W, S.Kom., MMSI.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala BKN mengatakan bahwa melalui grafis akan memudahkan untuk bertukar informasi, lebih menarik sehingga mata akan tertarik untuk melihat dan lebih nyaman secara visual. Sehingga informasi tersebut tidak membosankan dan dapat diterima dengan baik.

Yosep Suprayogi memaparkan langkah-langkah dalam menyiapkan infografis yaitu dengan cara mengidentifikasi data di dalam artikel yang perlu grafis, menimbang ragam grafis mana yang akan dipakai untuk menvisualisasikan data tersebut, menyiapkan elemen visual yang relevan untuk visualisasi tersebut dan memvisualisasikan dengan memperhatikan komposisi, warna dan font.

Sony Wibisono bercerita lewat foto. Dalam pengambilan foto dapat menggunakan alat-alat seadanya yang kita miliki yaitu dengan menggunakan smartphone. Walaupun smartphone memiliki keterbatasan dalam kualitas foto, tetapi kita dapat menyajikan informasi menjadi lebih menarik dengan teknik/cara bercerita secara visual.




 
Share: