Info
  • NEW NORMAL, PELAYANAN KEPEGAWAIAN DISESUAIKAN PROTOKOL KESEHATAN
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BKPPD KABUPATEN CILACAP
  • 16 PESERTA SELEKSI PEGAWAI BERPRESTASI LANJUT KE TAHAP II
  • PELAKSANAAN UJIAN DINAS DAN UKPPI TAHUN INI DILAKSANAKAN ONLINE DI SMPN 2 CILACAP DENGAN PENGAWASAN KANREG I BKN YOGYAKARTA
  • PRA REKONSILIASI DATA PNS CILACAP 2020 ; AYO UPDATE DATA KEPEGAWAIANMU
  • PELAKSANAAN SKB DIJADWALKAN (TENTATIF) BULAN SEPTEMBER 2020 SAMPAI DENGAN OKTOBER 2020
  • LOKASI PELAKSANAAN SKB PEMKAB CILACAP ADALAH UPT PUSAT KOMPUTER UNY / LAB. INTERNET MAHASISWA UNY (LIMUNY)
  • PESERTA SKB HARUS MEMILIH LOKASI TES DARI TGL 1/8/2020 PUKUL 00.01 WIB S.D TGL 7/8/2020 PUKUL 23.59 WIB
  • PESERTA SKB DIANJURKAN MELAKUKAN ISOLASI MANDIRI MULAI 14 HARI SEBELUM PELAKSANAAN SELEKSI DAN SELALU MENERAPKAN PHBS

SUKSESKAN WCD 2020, BKPPD CILACAP TURUT SERUKAN PILAH SAMPAH DARI RUMAH

19 September 2020  |  09:40  |  DAFIT SETIADI  |  Berita

CILACAP – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kabupaten Cilacap menyerukan kepada masyarakat untuk memilah sampah mulai dari rumah. Pemilahan sampah dari rumah merupakan salah satu solusi tepat penanganan sampah, khususnya di perkotaan.
 
Hal ini disampaikan Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap Warsono, SH, M.Hum melalui Sekretarisnya Drs. Achmad Nurlaeli, M.Si saat menjadi pemimpin apel dalam kegiatan Aksi Pungut Sampah dalam rangka Peringatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2020 di Lingkungan Kantor BKPPD, Jumat, 18 September 2020.

Nurlaeli mengungkapkan pengelolaan sampah secara optimal dari rumah mampu mengurangi tumpukan sampah di TPA serta kunci lingkungan aman dan nyaman.

“Mari kita terus berupaya memberikan edukasi dan penyadaran arti pentingnya pengelolaan dan pengolahan sampah melalui metode 3R, yakni Reduce (mengurangi penggunaan barang-barang yang berpotensi menjadi sampah), Re-use (mengoptimalkan kembali barang-barang yang telah digunakan), dan Re-cycle (mendaur-ulang barang-barang agar dapat dipergunakan kembali). Dengan memilah sampah dari rumah melalui metode 3R tersebut, maka sampah yang dibuang ke TPA dapat terus diminimalkan, sehingga tidak terjadi over kapasitas,” ujar Alumni STPDN ini.



Sekretaris BKPPD menuturkan, dalam peringatan WCD 2020 ini, sekaligus dalam rangka menindaklanjuti instruksi Bupati Cilacap, masyarakat diajak menggalakkan kembali aksi pilah sampah dari rumah dan aktif membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah dengan tidak membuang sampah sembarangan, dapat memilah dan mengolah sampah, terlebih bisa menggerakkan lingkungannya untuk lebih peduli terhadap permasalahan lingkungan.

"Harapan kami, adanya peringatan WCD ini, mudah-mudahan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bisa tumbuh kembali. Kebersihan adalah segalanya untuk lingkungan kita saat ini, karena jika lingkungan tidak bersih maka akan menimbulkan banyak penyakit. Terlebih, saat ini masih ada Covid-19 yang mengharuskan kita semua peduli akan kebersihan sehingga bisa terhindar dari beragam virus dan penyakit,” kata Nurlaeli.

Dengan penerapan protokol kesehatan kegiatan Wolrd Clean Up Day di BKPPD Cilacap yang diikuti 60 karyawan karyawati berjalan lancar dan penuh semangat, berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 228 kg terdiri dari sampah organik 217 kg dan an organik (plastik/kertas) 11 kg. 
Usai kegiatan, dilanjutkan dengan makan pagi bersama.

Share: