Info
  • NEW NORMAL, PELAYANAN KEPEGAWAIAN DISESUAIKAN PROTOKOL KESEHATAN
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BKPPD KABUPATEN CILACAP
  • 16 PESERTA SELEKSI PEGAWAI BERPRESTASI LANJUT KE TAHAP II
  • PELAKSANAAN UJIAN DINAS DAN UKPPI TAHUN INI DILAKSANAKAN ONLINE DI SMPN 2 CILACAP DENGAN PENGAWASAN KANREG I BKN YOGYAKARTA
  • PRA REKONSILIASI DATA PNS CILACAP 2020 ; AYO UPDATE DATA KEPEGAWAIANMU
  • PELAKSANAAN SKB DIJADWALKAN (TENTATIF) BULAN SEPTEMBER 2020 SAMPAI DENGAN OKTOBER 2020
  • LOKASI PELAKSANAAN SKB PEMKAB CILACAP ADALAH UPT PUSAT KOMPUTER UNY / LAB. INTERNET MAHASISWA UNY (LIMUNY)
  • PESERTA SKB HARUS MEMILIH LOKASI TES DARI TGL 1/8/2020 PUKUL 00.01 WIB S.D TGL 7/8/2020 PUKUL 23.59 WIB
  • PESERTA SKB DIANJURKAN MELAKUKAN ISOLASI MANDIRI MULAI 14 HARI SEBELUM PELAKSANAAN SELEKSI DAN SELALU MENERAPKAN PHBS

Focus Group Discussion (FGD) dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Kabupaten Cilacap

27 Mei 2020  |  16:20  |  ARI KURNIAWAN  |  Berita

Rabu (27-05-2020) - Bertempat di Ruang Rapat BKPPD Kabupaten Cilacap, Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap, Warsono, SH, M.Hum didampingi Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi, Fathan Ady Chandra, SSTP, MM dan Kabid Diklat Endah Widyarti S.Sos, M.Si, mengikuti Rapat Focus Group Discussion (FGD) dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Kabupaten Cilacap Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah melalui Video Conference.

Acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap beserta jajarannya, BAPPEDA Kabupaten Cilacap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Wilayah X Banyumas.

Narasumber dari LPMP Jawa Tengah menyampaikan bahwa dari 8 Standar Nasional Pendidikan yang ada, hasil capaian mutu pendidikan di Kabupaten Cilacap berada di urutan 16 dibawah Kabupaten Purbalingga.

Hasil Capaian Mutu Tahun 2019 di Kabupaten Cilacap ada pada Standar Pembiayaan mencapai 6,63%, dan masih ada standar yang rendah yaitu Standar Sarana Prasarana (Sarpras) sebesar 6,08% serta Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sebesar 5,75%.



Dalam hal rendahnya standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Fathan Ady Chandra, SSTP, MM menyampaikan bahwa jumlah PNS Guru (TK, SD, SMP) Negeri di Pemkab Cilacap sebanyak 5.411.

Berdasarkan Peta jabatan yang disusun pada Akhir Desember 2019  bahwa Jumlah PNS Guru SDN adalah 3.700, Kebutuhan PNS Guru SD sebanyak 8.404 jadi masih kekurangan 4.704 orang. Jumlah PNS Guru TK adalah 164, Kebutuhan PNS Guru TK adalah 26 sehingga terdapat kelebihan 138 orang. Selanjutnya Jumlah PNS Guru SMPN adalah 1.547, Kebutuhan PNS Guru SMP sebanyak 2.579 sehingga masih kekurangan 1.032 orang.

Diakhir penyampaian, Fathan menyampaikan agar LPMP bisa membantu memfasilitasi menyuarakan kebutuhan ASN terutama guru ke Kemendikbud serta KemenPAN RB agar dapat terpenuhi standar PTK di Kabupaten Cilacap.

Menanggapi Standar Sarana prasarana yang masih rendah, Kepala BAPPEDA melalui Kabid Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Amin Muhtada, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa pada Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2021 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mendapat mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1.117.248.000.000,- dengan harapan dapat meningkatkan hasil standar Sarana Prasarana. 
 
Simak selengkapnya :
https://www.youtube.com/watch?v=vPgtjUdtcgw

Share: