Info
  • Selamat datang di website resmi BKPPD Kabupaten Cilacap
  • Cilacap Kerja Nyata, Sukseskan Bangga Mbangun Desa

UBAH FASKES BPJS DI HP SENDIRI

29 November 2019  |  11:05  |  NOVIYANTO HADI SUGITO  |  Artikel

Di dunia per-PNS-an sudah tidak asing lagi dengan istilah mutasi. Dari dinas A ke dinas B atau dari dinas A ke kecamatan B, ataupun sebaliknya. Tidak sedikit juga PNS yang pindah tempat bertugas/pindah tempat tinggal. Bila tempat tinggal pindah, otomatis jarak rumah dengan faskes BPJS yang telah didaftarkan sejak awal tidak lagi dekat. Untuk itu, peserta perlu mengganti faskes tersebut.

Kebanyakan orang berasumsi kurang bagus ketika mengurusi perubahan data. Mereka beranggapan pasti prosesnya sulit, ribet dan sebagainya. Hal ini yang membuat tidak melakukan perubahan faskes padahal lokasi faskes yang dekat dengan tempat tinggal menjadi hal yang sangat penting.

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, peserta BPJS dapat mengganti faskes dengan cara yang sangat mudah hanya dengan membuka HP tinggal tekan-tekan tombol yang tersedia, berubah deh faskes kita. Apa aja sih tahapan yang harus dilakukan, simak ulasannya berikut ini ya.

Install aplikasi JKN di Playstore atau Appstore
 

Login dengan nomor kartu BPJS
Pilih “Ubah Data Peserta” pada Menu tampilan utama

 

Pada kolom faskes, akan muncul popup untuk pilih provinsi, kabupaten dan pilihan faskes
 

Email atau nomor telepon yang terdaftar akan menerima kode verifikasi

 
Setelah verifikasi, akan muncul konfirmasi bahwa data sudah berhasil di ubah.

Sebagai pengetahuan, faskes baru yang sudah diubah belum bisa langsung digunakan. Faskes yang baru dapat digunakan pada satu bulan berikutnya. Selama masih di bulan berjalan, faskes yang lama masih bisa digunakan untuk berobat.


.
 
Share: